14 Februari 2009

Kabupaten Purworejo, Sentra Bibit Nasional Kambing Peranakan Ettawa

Sumber : http://purworejokita.com

Pada tahun 2006, jumlah kambing kambing peranakan ettawa (PE) di Kabupaten Purworejo sebanyak 60.808 ekor. Dengan jumlah tersebut Kabupaten Purworejo mampu mendistribusikan kambing PE ke berbagai daerah sehingga kabupaten ini diklaim sebagai sentra bibit nasional kambing PE.

Kecamatan Kaligesing merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Purworejo yang dijadikan sebagai daerah sentra pembibitan dan budidaya kambing PE. Kecamatan ini berada di daerah dataran tinggi terletak pada ketinggian 600-1000 m di atas permukaan laut. Dengan temperatur rata-rata 26o C dan kelembaban berkisar 60-70% disertai curah hujan relatif sedang, menjadikan Kecamatan Kaligesing sebagai daerah yang sangat cocok untuk daerah budidaya kambing PE.


Pasar hewan Pandanrejo di Kabupaten Purworejo

Kambing PE asal Kabupaten Purworejo banyak diminati dari berbagai daerah seperti Yogyakarta, Kulonprogo, Wonosobo, Banjarnegara, Temanggung, Purwokerto, Pati, Jombang, Brebes, Bogor, dan dari berbagai daerah di Jawa Timur. Kambing PE asal kabupaten ini juga diminati dari luar Pulau Jawa seperti Sumatera yaitu Lampung dan Medan, Kalimantan, dan Papua. Namun, selain mampu memenuhi permintaan dari dalam negeri, Kabupaten Purworejo telah mampu mengirim kambing PE hingga ke Malaysia.

Kabupaten Purworejo merupakan salah satu kabupaten di Propinsi Jawa Tengah yang mempunyai luas wilayah sekitar 1.034,81752 Km2. Di sebelah utara, Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Wonosobo dan Magelang, sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Indonesia, sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Kebumen, sedangkan di sebelah timur Kabupaten Purworejo berbatasan dengan Kabupaten Kulonprogo yang sudah termasuk ke dalam Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kambing PE tersebar di 16 kecamatan yaitu Kecamatan Grabag, Ngombol, Purwodadi, Bagelen, Kaligesing, Purworejo, Banyuurip, Bayan, Kutoarjo, Butuh, Pituruh, Kemiri, Bruno, Gebang, Loano, dan Bener.




powered by Blogger Theme | WordPress by Newwpthemes