12 Desember 2008

Pasar kambing/domba Kuwait di Idul Adha 1429H/2008


Sebuah informasi menarik penulis dapat dari email Bapak Bambang Prakoso dari Kuwait di milis Insan Peternakan, yang menggambarkan suasana Idul Adha di Kuwait. Semoga tulisan beliau bermanfaat bagi masyarakat Peternakan Indonesia. Isi Emailnya :


Salam peternak
Sebagai informasi saja, attachments sekitar pasar kambing/domba di Kuwait 2 hari menjelang Idul Adha.
Harga kambing/domba melonjak 2 kali lipat, pada hari biasa umumnya atau rata rata adalah KD30 atau setara dengan Rp1juta dengan bobot 40-50 Kg menjelang Idul Adha harganya menjadi KD70 atau setara kurang lebih Rp 2,4juta. Bentuk fisik memang lebih besar besar dibanding dengan kambing/domba yang ada di Indonesia.

Walaupun kebanyakan orang Kuwait melaksanakan Qurban diluar negaranya tapi masih banyak yang melakukanya sendiri untuk dipotong di Rumah Pemotongan Hewan dan ini diwajibkan oleh pemerintah Kuwait untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan seperti daging tidak layak dikonsumsi karena Qurban sudah terjangkit penyakit, walaupun semua Qurban sudah mendapatkan sertifikat sehat namun pada saat penyembelihan akan dikontrol atau dichek kembali oleh Dokter Hewan dengan melihat hati setiap Qurban. Pemotongan yang dilakukan sendiri mulai tahun ini dilarang oleh pemerintah Kuwait, jadi harus dibawah pengawasan ahli atau dokter hewan. Memang kebijakan ini agak merepotkan dengan hanya 5 tempat pemotongan hewan dengan jumlah Qurban yang segitu banyak antriannya panjang, namun pada hari kedua semua Qurban sudah habis terpotong/disembeli h.

80% hewan Qurban di Kuwait diimpor dari Australia dan New Zeland melalui Saudi Arabia, untuk kebutuhan ini pemerintah Kuwait mengimpor hampir 1juta ekor domba/kambing, penduduk Kuwait saat ini sekitar 3 juta orang (ref KBRI Kuwait) 1 juta diantaranya adalah penduduk asli dan sisanya adalah pendatang atau pekerja seperti saya. Luas negaranya hampir seluas JABODETABEK lebih sedikit.

Demikian.
Salam

Bambang Heru P
Kuwait


powered by Blogger Theme | WordPress by Newwpthemes