15 November 2008

Berita Kurban 1429 H

Postingan ini Penul;is Ambil Dari Blog Bang Agus Villa Domba Bandung
Sumber.
http://www.kr.co.id/web/detail.php?sid=182862&actmenu=36
BANTUL (KR) - Jelang Idul Adha, harga hewan kurban di Bantul mulai naik. Berdasarkan catatan Dinas Peternakan Kelautan dan Perikanan (PKP), kenaikan harga kambing maupun sapi di pasaran sudah mencapai 5 persen. Harga diperkirakan akan terus naik hingga Desember nanti. "Saat ini harga kambing kurang lebih Rp 700 ribu dan sapi Rp 7 juta. Naik 5 persen," kata Kasubdin Kesehatan Hewan Dinas PKP Bantul drh Sribudoyo kepada KR, Rabu (5/11).


Sumber.
http://202.57.16.35/2008/id/berita_detail.asp?idwil=0&nNewsId=31274
BERITAJAKARTA.COM, Permintaan hewan kurban di Jakarta terus mengalami peningkatan. Tahun lalu, permintaan hewan kurban seperti kambing mencapai 50 ribu ekor sedangkan sapi 12 ribu ekor. Seperti trend tiap tahun, diprediksi permintaan tahun ini melonjak sekitar 10 persen. Untuk mengawasi masuknya hewan kurban ini, Dinas Peternakan Perikanan, dan Kelautan (Disnakkanla) DKI Jakarta menggandeng Fakultas Kedokteran Hewan Institut Peternakan Bogor (IPB). Pada tahun ini, diprediksi jumlah hewan kurban yang masuk ke Jakarta akan lebih besar jumlahnya dari tahun sebelumnya. Sebagian besar hewan tersebut berasal dari daerah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Lampung. Umumnya hewan-hewan yang masuk ke Jakarta sudah selektif, semua fisiknya sehat. Kalaupun ada yang sakit itu tidak seberapa jumlahnya dan sakitnya pun ringan. Seperti sakit mata, ingusan dan flu yang disebabkan faktor kelelahan selama perjalanan.



Sumber.
http://www.financeroll.com
KM Makmur Jaya yang membawa 300 korban hewan kurban terdiri atas 130 ekor sapi dan 170 ekor kambing asal Pulau Madura, tiba di Pel. Pangkalpinang, 7/11 (Finance.Roll) - KM Makmur Jaya yang membawa 300 korban hewan kurban terdiri atas 130 ekor sapi dan 170 ekor kambing asal Pulau Madura, tiba di Pelabuhan Ketapang, Pangkalpinang, untuk memenuhi kebutuhan daging masyarakat dan perayaan Idul Adha 1429 H pada 8 Desember 2008.Seorang pengusaha sapi, Toyyib, di Pangkalpinang, Jumat, mengatakan, pasokan sapi maupun kambing untuk mengantisipasi kebutuhan perayaan Idul Adha 1429 H dan kebutuhan daging masyarakat Pangkalpinang, Bangka.


Sumber.
http://www.disnak.jabarprov.go.id
Menjelang hari raya Idul Adha, Dinas Peternakan Kabupaten Ciamis, mengimbau masyarakat yang membutuhkan hewan qurban, agar mewaspadai penyakit ternak. "Masyarakat harus waspada terhadap penyakit hewan seperti Anthrax, penyakit mulut dan kuku yang bisa saja menghinggapi hewan kurban yang akan dibeli," kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Keswan Kesmavet) Dinas Peternakan Kabupaten Ciamis, Iwan Juanda, di Ciamis, Senin (10/10). Iwan mengemukakan, hingga saat ini belum ada yang bisa memberikan jaminan semua hewan kurban terbebas dari penyakit. "Walaupun dilakukan pengawasan di pos penjagaan milik provinsi Jawa Barat, tetap saja belum bisa menjamin," katanya. Kebutuhan hewan kurban khususnya di Ciamis, diperkirakan bisa mencapai 6.500 ekor hewan diantaranya sapi potong dan domba sedangkan kambing masih kurang diminati masyarakat wilayah Ciamis untuk dijadikan hewan kurban, katanya.


Sumber.
http://www.tribunkaltim.com/read/artikel/12503
BALIKPAPAN - Dinas Pertanian kota Balikpapan sepertinya serius menghadapi perayaan hari raya hewan qurban. Pihaknya akan melakukan afkir (pembuangan) terhadap daging hewan qurban yang terjangkit penyakit. Berbagai penyakit patut diwaspadai seperti Anthrax, penyakit mulut dan kuku yang bisa saja menghinggapi hewan kurban yang akan dibeli. Kasubdin Kehewanan dan Peternakan, Budijanto mengatakan pemeriksaan hewan qurban sebelum hari H, hari H dan setelah hari H. "Kita akan periksa sebelum, saat hari raya bahkan hingga hari tasyrik (paska idul adha)," ujar Budijanto ditemui di gedung Bappeda kantor walikota, Selasa (11/11). Menurut catatan Dinas Pertanian, penjualan hewan qurban pada tahun 2007 mencapai 2.400 ekor. Sedangkan untuk tahun 2008 diprediksi lebih dari 2.400. Hal ini terkait dengan kesadaran warga Balikpapan untuk beramal berqurban. Sedangkan mengenai titik lokasinya pada tahun 2008 akan mengalami penurunan dibanding tahun 2007 yang mencapi 30 titik lokasi. Disebabkan lokasi-lokas penjualan banyak terpakai untuk pembangunan. (*)


Sumber.
http://suaramerdeka.com
BLORA - Hari Raya Idul Adha (Kurban) masih sekitar sebulan lagi. Namun harga hewan kurban seperti kambing dan sapi mulai merangkak naik. Menurut Ngadimin (45), pedagang kambing di Pasar Hewan Pon, Blora, harga kambing naik rata-rata Rp 100.000 hingga Rp 200.000. Kenaikan harga itu merupakan hal yang biasa menjelang Hari Raya Kurban. ”Ini baru permulaan kenaikan harga,” ujarnya kemarin. Menurutnya, kambing yang sudah tanggal giginya (poel) ukuran sedang dijual dari harga sebelumnya Rp 600.000 menjadi Rp 700.000. ”Harga tersebut tidak paten, masih bisa ditawar,” ujar warga Desa Buloroto Kecamatan Banjarejo itu. Ngadimin menyatakan, jika menghendaki kambing kurban yang lebih besar, harga yang ditawarkan juga cukup mahal. Seekor kambing besar dan memenuhi syarat sebagai hewan kurban dijual lebih dari Rp 1 juta/ekor. Harga tersebut saat ini masih tergolong murah. Dia memastikan beberapa pekan sebelum hari raya, harga hewan kurban akan lebih mahal lagi. ”Biasanya memang seperti itu. Semakin mendekati hari raya, harga hewan kurban makin mahal,” tandasnya. (H18-54)



powered by Blogger Theme | WordPress by Newwpthemes