14 Juli 2008

Juri SNI di Kontes Kambing Ettawa Tulungagung

Hari Rabu Tanggal 9 Juli 2008 pagi penulis bersama Bapak Penulis berangkat ke Tulungagung untuk menyaksikan kontes kambing Ettawa di Kabupaten Tulungagung.

Setelah bulan April lalu para peternak dan Penghobi kambing Ettawa di Blitar mengadakan Kontes Kambing di Kota Blitar, kini tetangga Kabupaten/Kota yaitu kabupaten Tulungagung juga tidak mau ketinggalan mengadakan kegiatan serupa. Acara ini bebarengan dengan Gelar promosi Produk Pertanian Unggulan IX, Tempat pelaksanaan acara ini di KIP3K (Kantor Informasi Penyuluhan Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan) Desa Wonorejo Kec. Sumbergempol Kab. Tulungagung.

Acara kontes adalah yang pertama kali diadakan di Kabupaten Tulungagung. Walaupun baru pertama kali acara ini tergolong sukses. Acara kontes kambing Ettawa ini diikuti beberapa kelompok peternak dan asosiasi peternak kambing Ettawa dari beberapa daerah di sekitar Tulungagung diantaranya Blitar, Batu, Trenggalek, Kediri. Menurut panitia acara ini diikuti kurang 200 ekor kambing dari berbagai kategori. Kategori yang dilombakan untuk kelas pejantan, yaitu pejantan unggul, calon pejantan, untuk kelas Induk terdiri dari dua kategori kelas Indukan unggulan dan Calon induk.

Sedangkan Kriteria penilaian terdiri dari postur tubuh, panjang telinga, warana, bulu, bentuk kepala, ekor, leher, kaki, tanduk, kelamin (untuk kambing pejantan), ambing (untuk kambing betina), Jibruk (bulu pada paha belakang, gembel (gelambir pada leher), rambut kepala. Sedangkan proses penjurian di Tulungagung ini sudah mengalami beberapa peningkatan, diantaranya proses penjurian dilakukan oleh juri independen yang mempunyai Sertifikat berstandar Nasional dari Kaligesing Purworejo. Menurut penulis ini adalah langkah maju dalam pelaksanaan kontes kambing di Eks. Karisidenan Kediri. Karena belajar dari pengalaman beberapa kali kontes yang sudah dilaksanakan di Blitar banyak ketidakpuasan dari peserta kontes mengenai proses penjurian.

Ini adalah hal yang wajar dalam proses belajar menuju yang lebih baik. Kerjasama antar kelompok peternak di berbagai daerah perlu dilakukan baik dalan penyelenggaan event-event ini untuk semakin menggairahkan peternakan kambing Ettawa.




powered by Blogger Theme | WordPress by Newwpthemes