16 April 2008

Khasiat Susu Kambing



     Tidak mudah untuk mengembangkan gizi dalam susu. Namun, para ahli peternakan hewan di Universitas California Davis telah menemukan bahwa dalam susu kambing terdapat plasma yang bersifat seperti enzim antibakteri yang juga terkandung dalam air susu ibu (ASI). Para peneliti berharap suatu hari penemuan ini akan membantu menjaga dan mengobati penyakit diare yang sering diderita oleh anak-anak yang diklaim WHO telah menelan korban setidaknya dua juta anak setiap tahunnya.
 
             Di antara jenis minuman yang biasa diminum oleh Nabi Muhammad saw. adalah susu kambing segar yang langsung diminum sesudah diperah dari kambing untuk menjaga stamina tubuhnya dan juga karena beliau mengetahui kelebihan dari susu kambing ini. Beberapa tokoh dunia seperti Ratu Cleopatra dan Mahatma Gandhi diketahui gemar minum susu kambing untuk menjaga kehalusan kulit mereka. Tetapi, saat ini berapa persen dari penduduk dunia ini yang mempunyai kebiasaan minum susu kambing?

        Jarang yang tahu, ternyata selain padat gizi susu yang beraroma khas ini berkhasiat tinggi bagi kesehatan. Sejumlah penyakit seperti gangguan pencernaan, TBC, dan disfungsi seksual bisa teratasi dengan mengonsumsi susu kambing.

         Bagi orang yang peka terhadap unsur laktosa (mulas atau sakit perut jika minum susu), maka rendahnya kandungan laktosa pada susu kambing memungkinkannya untuk meminum susu tanpa keluhan mulas. Dari sisi komposisi dasar, antara susu kambing dan susu sapi memiliki kesamaan. Susu sapi mengandung 12,2 persen bahan kering (3,2 persen protein, 3,6 persen lemak, 4,7 persen laktosa, dan 0,8 persen bahan mineral). Sementara susu kambing mengandung 12,1 persen bahan kering (3,4 persen protein, 3,8 persen lemak, 4,1 persen laktosa, dan 0,8 persen bahan mineral). 

Di sisi lain, minum susu kambing sebagai pangan tambahan (food suplement) berkhasiat
  • mengurangi gangguan pernapasan
  • typhus
  • maag
  • menyembuhkan  asma
  • bronkitis
  • rematik. 
  • menyembuhkan penyakit liver
  • pertumbuhan anak
  • meningkatkan stamina
  • Selebihnya, karena susu kambing mampu mengontrol lemak dalam tubuh, minuman ini pun berefek menghaluskan kulit. Sekarang ini banyak produk kosmetik yang terbuat dari susu kambing
  • mempercepat proses pemulihan ketika sakit 
  • membantu menyembuhkan kanker payudara

Meski begitu, sesungguhnya mekanisme kerja susu kambing dalam mengatasi berbagai gangguan penyakit dalam tubuh belum diketahui secara pasti karena penelitian tentang itu masih sangat terbatas dan umumnya hanya dilakukan di negara-negara Asia.

Hanya, yang jelas, susu kambing mengandung zat bioaktif yang mampu menjaga keseimbangan hormonal dalam tubuh. Selain itu, khasiat susu kambing akan lebih efektif bila peminumnya selalu menjaga kesehatan tubuh, misalnya dengan berolah raga.

Keistimewaan susu kambing :
1.Kaya Protein, enzim, mineral, vitamin A, dan Vitamin B (riboflavin). Beberapa jenis enzim juga terdapat dalam susu kambing, antara lain : Ribonuklease, Alkalin Fosfate, Lipase, dan Xantin Oksidase. Sementara beberapa mineral yang terkandung dalam susu kambing yaitu Kalsium, Kalium, Magnesium, Fosfor, Klorin dan Mangan.
2.Mengandung Antiantritis (inflamasi sendi).
3.Mempunyai khasiat untuk mengobati Demam Kuning, Penyakit Kulit, Gastritis (gangguan lambung), Asma, dan insomnia (sulit tidur).
4.Molekul lemaknya kecil sehingga mudah dicerna.
5.Bila disimpan di tempat dingin, tidak mengubah kualitas khasiatnya.




powered by Blogger Theme | WordPress by Newwpthemes